Assalamu'alaikum...apa kabar teman-teman pakono? Selamat berjumpa kembali kepada Bapak/Ibu Guru, Orangtua, serta anak-anak semua. Pada kesempatan kali ini, kita akan Belajar Bahasa Indonesia Bab 3 Lihat Sekitar kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka. Pada Bab 3 ini materi dengan judul Lihat sekitar dengan tema "Lalu Lintas".
Tujuan pembelajaran Materi Bahasa Indonesia Bab 3 Lihat Sekitar diantaranya sebagai berikut :
1. menulis teks dengan struktur argumentasi
2. mengenal pemakaian awalan 'ber-' serta menggunakannya
3. menyampaikan petunjuk arah, dan
4. menuliskan teks dengan struktur deskripsi
Baik teman pakono materi Bahasa Indonesia Bab 3 Lihat Sekitar Kelas 4 SD/MI Kurikulum Merdeka, kami sampaikan dalam bentuk rangkuman/ringkasannya sebagai berikut :
Bab III Lihat Sekitar
Kegiatan Utama
a. Membaca teks dan memirsa gambar yang berkaitan dengan tema.
b. Menulis paragraf argumentasi.
c. Mendiskusikan isi teks dan gambar.
d. Menuliskan kata berimbuhan 'ber-'.
e. Berdiskusi sesuai tema dan mempresentasikan hasil diskusi.
f. Menulis paragraf deskripsi.
Kegiatan Pendukung
a. Membuat rambu-rambu
Pendahuluan Belajar
Mengidentifikasi perbedaan dalam
elemen visual (misalnya foto dan
ilustrasi).
Guru menyiapkan gambar rambu-rambu.
Perhatikan warna
dan bentuknya!
• Apa yang sama?
• Apa yang berbeda?
• Dapatkah kalian menduga artinya?
Arti Warna Dasar Rambu-Rambu Lalu Lintas
Biru
Berbentuk persegi, berwarna dasar
biru, lambang, huruf atau angka,
dan kata-kata putih. Rambu ini berisi
perintah wajib bagi pengguna jalan,
atau penunjuk lokasi, misalnya petunjuk
tempat menyeberang untuk pejalan
kaki, atau tempat membuang sampah.
Warna dasar putih dengan lingkaran merah,
huruf atau angka berwarna hitam. Rambu
ini bersifat larangan, misalnya dilarang
parkir, dilarang berbelok ke kiri, dilarang
masuk, dilarang berkecepatan tertentu, atau
larangan lainnya.
Berbentuk ketupat. Warna dasar kuning dengan
lambang, tulisan, atau gambar berwarna
hitam. Rambu ini bersifat peringatan, misalnya
peringatan akan jalan yang licin, adanya
tanjakan yang terjal, banyak anak-anak
menyeberang, atau peringatan lainnya.
Berbentuk persegi panjang, berwarna
dasar hijau, garis tepi putih, lambang
putih, huruf atau angka putih. Rambu ini
berisi informasi, misalnya informasi arah,
jurusan, atau lokasi fasilitas umum.
Contoh:
Putih
Biasanya berbentuk bulat, dengan
dasar berwarna putih, tulisan putih
bergaris luar hitam. Rambu ini
menandai berakhirnya satu atau
semua larangan, misalnya larangan
melebihi kecepatan maksimum.
Contoh:
I. Membaca
Memahami kata-kata yang sering digunakan sehari-hari dan kata-kata baru pada teks dengan menggunakan petunjuk visual dan konteks kalimat yang mendukung.
- Melalui kegiatan membaca cerita "Awas!" peserta didik dapat memahami dan menggunakan kat-kata dengan tepat.
- Peserta didik membaca cerita "Awas!", kemudian mengerjakan latihan terkait kata-kata baru
Perhatikan kata-kata yang disorot kuning pada cerita "Awas!" di atas. Tahukah kalian artinya? Agar anak lebih paham, lengkapilah kalimat di bawah dengan kata-kata yang sesuai.
II. Berdiskusi
- Melalui berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita "Awas!" dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.
- Peserta didik menyampaikan pendapat untuk menanggapi pertanyaan panduan atau pernyataan teman diskusi.
Kalian dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sebagai bahan diskusi.
Ciri-ciri paragraf argumentasi yaitu :
- Di mana Rudi berada?
- Mengapa pengendara sepeda motor itu marah kepada Rudi?
- Mengapa Rudi memutuskan maju saat lampu lalu lintas belum berwarna hijau?
- Menurut kalian, bagaimana perasaan Rudi?
- Jika kalian menjadi Rudi, apa yang kalian lakukan?
- Pernahkah kalian mengalami kejadian seperti itu? Ceritakanlah?
- mengandung pendapat, keyakinan, dan pandangan terhadap sebuah permasalahan;
- ada data akurat yang dipakai untuk menyakinkan orang lain;
- menjelaskan permasalahan dengan cara menganalisis dan menganalogikan;
- terdapat kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas, tetapi bukan merupakan penegasan kembali topik utama.
III. Menyimak
Memahami dan menjelaskan isi teks dan makna kosakata baru pada teks yang dibacakan.
- Melalui kegitan menyimak teks yang dibacakan yang berjudul "Jauh dan Dekat", peserta didik dapat menyimpulkan informasi dan memahami kosakata baru.
Setelah membaca teks “Jauh dan Dekat”, berdiskusilah membahas
topik kendaraan. Sebelum berdiskusi, kalian boleh mencari sumber
bacaan lain tentang kendaraan. Saat berdiskusi, acungkan jari untuk
meminta giliran. Berbicaralah setelah dipersilakan guru!
- Apa saja alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau di laut? Adakah yang sama?
- Tahukan kalian alat transportasi darat yang disebut dokar? Apa yang dapat kalian ceritakan tentang dokar?
- Di sebagian daerah, perahu disebut sampan. Apa sebutan untuk perahu di daerah kalian?
- Menurut kalian, mengapa ada begitu banyak jenis kendaraan?
Awalan 'ber-'
Salah satu imbuhan di dalam bahasa Indonesia adalah awalan 'ber-', Fungsinya sebagai pembentuk kata kerja atau kata sifat. Kata kerja yang dibentuk oleh awalan 'ber-' tidak membutuhkan objek, karena itu kalimat yang dihasilkannya tidak bisa dijadikan kalimat pasif.
Penulisan kata yang memiliki imbuhan 'ber-' termasuk mudah, yaitu 'ber-' + kata dasar.
Namun, kalian harus berhati-hati, ada pengecualian untuk kata dasar yang diawali huruf /r/ atau yang suku kata pertamanya berakhiran /er/. Lihat contoh pada tabel berikut ini.
IV. Menulis
0 komentar:
Posting Komentar